PO Safari Dharma Raya, Pemilik Pertama Chassis Mercedes-Benz OH 1836

PO Safari Dharma Raya chassis Mercedes-Benz OH 1836 produksi keluaran pertama
Fakta dari PO Safari Dharma Raya
KEMENBUS Sahabat BISMANIA, ada lagi nih fakta dari PO Safari Dharma Raya yang perlu sahabat tahu. Selain jadi pemilik Mercedes-Benz OC 500 RF OH-1830 produksi keluaran pertama. Ternyata PO Safari Dharma Raya juga menjadi pemilik pertama dari chassis Mercedes-Benz OH 1836 produksi keluaran pertama juga loh. Lihat deh di VIN yang tertempel di chassis, nomor 1 juga kan.


Chassis ini dibekali mesin MB OM 475 LA Euro III, 6 cylinders 11967 cc, vertical in-line, turbo charged and intercooled, dan dapat menyemburkan tenaga hingga 360hp. Kelebihan menggunakan chassis MB OH 1836 adalah suspensi udara yang super empuknya, Po juga dapat membuat bis yang lebih panjang hingga 12,8 meter karena sebelumnya chassis bis memiliki panjang maksimal 12 meter saja. Dengan demikian kapasitas penumpang / seat bertambah, pastinya menambah keuntungan. Bisa dilihat kan bagaimana chassis ini kalau sudah dibalut dengan body di karoseri, bus terlihat lebih panjang dari biasanya. PO Safari Dharma Raya membalut chassis ini di karoseri Morodadi Prima dengan body Grand Tourismo, sehingga menjadi cantik sekali bus ini.


Menurut mimin, chassis Mercedes-Benz mulai OH 1626 keatas jika dibalut dengan Grand Tourismo MP itu merupakan perpaduan yang sangat harmonis sekali. Karena body tank seperti itu terus dikasih chassis 1626 keatas yang bersuspensi udara, itu sangat memanjakan sekali penumpangnya. Disini mimin bukan ngiklanin MP ya..hahaha.

Bagaimana unik kan, entah suatu kebetulan atau memang udah dari sononya, mimin gatau dah. Mungkin dari para sahabat bismania ada yang tahu, bisa komen ya. Atau enaknya dikasih body apa ya klo chassis Mercedes-Benz OH 1836 ini. Tolong komen ya.

Salam, Kemenbus.
Terimakasih.


Pict by : @rendrahabib @dekbus

Artikel Terkait

Previous
Next Post »