Bus Barumun Chassis Mercedez Benz OH-2421

Bus Barumun Chassis Mercedez Benz OH-2421
Bus Barumun Chassis Mercedez Benz OH-2421
KEMENBUS- Sahabat BISMANIA, "yang lain bisa beli, kita mah bisa buat". Yaa mungkin itulah slogan yang tersemat pada PO asal Medan ini. PO Barumun namanya, sekitar awal tahun 2017 lalu menghadirkan chassis terbaru yaitu Mercedes Benz OH-2421. Lah bagaimana bisa? Bukannya OH-2542 ya. Ya bisa donk dikarenakan chassis ini hasil modifikasi para mekanik PO Barumun, jadi bukan buatan dari Mercedes Benz. Sebelumnya mungkin sudah ada yang memodif chassis dari 2-axle menjadi 3-axle, PO Sumber Alam memodif OH-1518 dan AmTrans yang memodif RK-8. Namun chassis PO Sumber Alam & AmTrans ini ban belakangnya tidak bisa belok, nah kalo modifan PO Barumun ini bisa belok ban belakangnya jadi benar-benar seperti chassis 3-axle pada umumnya yang memilik 8 roda.

Jadi ceritanya begini, awalnya chassis ini adalah chassis Mercedes Benz OH-1521 intercooler. Tentunya untuk menjadikan OH-2421 para mekanik PO Barumun memodif bagian kaki-kaki pada chassisnya. Seperti halnya pada bagian gardan belakang contohnya, mereka mengganti gardan asli OH-1521 dengan gardan copotan Mercedes Benz Prima OH-1113. Sementara pada bagian blok setirnya diambil dari Mercedes Benz OF-917. Entah bagaimana mereka meramunya, setelah dua bulan lamanya pengerjaan termasuk pengetesan hingga dinyatakan layak jalan. Akhirnya chassis ini dimasukkan ke karoseri Cipta Karya di Medan untuk dibuatkan bodynya. Model bodynya adalah New Euro Star dengan kaca double glass didepan mengikuti tren masa kini. Kaca samping dibuat layaknya bus ekonomi dengan model kaca geser. Dan konfigurasi seat 2-2 untuk menambah kenyamanan penumpang.

Lalu kenapa namanya OH-2421, ya mungkin setelah ditimbang berat total bus ini kurang lebih 24 ton, jadi dibuat 2421 deh, 24 untuk max beban tonase dan 21 untuk power 210 hp. Mungkin dari sahabat ada yang lebih tahu kenapanya, kasih tau di komentar ya Atau ada sahabat yang pernah mencoba bus OH-2421 ini, ceritakan dikolom komentar ya. Jangan lupa untuk LIKE & FOLLOW ya sahabat, SHARE juga informasi ini untuk dapat memberikan manfaat dan juga hiburan kepada banyak orang. 😁

Salam, Kemenbus
Terimakasih

Artikel Terkait

Previous
Next Post »